Thursday, January 1, 2015

Cara Mencerahkan Kulit Dengan Kojiesan


We dare you to shine. Ini statement yang pertama kali dikeluarkan oleh Kojiesan. And without any doubt I choose to say YES off course! Challenge accepted. So here I am. Dan definisi bersinar itu luasssssss banget. Bisa aja bersinar lewat kesuksesan menjalani karir, menjadi contoh yang baik bagi masyarakat, ataupun berhasil merawat kulitmu. Yang pasti, everyone deserve to shining. Termasuk aku, termasuk kamu juga. Seperti quote dibawah ini. "Everyone's a star, and deserves the right to twinkle."


Tapi menurutku sinar yang paling baik itu memang yang natural dari kita apa adanya. Natural bukan berarti pasrah dan gak ngerawat. Tapi mengasah apa yang ada di diri kita supaya terlihat lebih baik. Contohnya kayak kamu jago gambar, tapi gak pernah dirawat atau di-upgrade skill menggambarnya. Pasti kualitas gambar kamu gak meningkat atau bahkan menurun karna otot-otot tangan jadi kaku. Contoh lainnya kulit kita sendiri. Gak peduli warna kulitnya apa, kalau gak dirawat pasti jadi kusam. Bedakan warna kulit sawo matang dan warna kulit kusam yah seperti foto dibawah ini.

 (kiri-kanan) kulit sawo matang - kulit kusam - kulit putih

Aku sendiri kulitnya gak putih-putih banget tapi aku sebenernya suka pakai produk yang mencerahkan. Bukan, bukan untuk bikin kulit aku jadi putih seperti orang korea yang memang dari sananya udah putih, tapi lebih ke mencerahkan supaya gak kelihatan kusam. Apalagi aku dulu wajahnya berjerawat parah dan termasuk darah manis jadi suka digigit nyamuk. Jadi banyak noda-noda hitam di area wajah, tangan dan kaki. Dan lagi tinggal di daerah yang rawan polusi seperti Jakarta ini rentan banget bikin kulit kelihatan kusam.

problem kulitku
(kiri-kanan) kulit kusam, warna kulit belang karena bekas jam tangan, bekas jerawat

Sejujurnya nih, aku udah coba cukup banyak cara mencerahkan kulit dan juga jenis produk untuk mengatasi masalah-masalah kulit aku diatas hehe. Dari yang berbahan kimia sampai alami. Dan yang cara kerjanya menghambat produksi melanin (pigmen hitam pada jaringan kulit) sampai untuk chemical peeling. Karena memang bahan brightening agent tuh buanyaak banget. Dari yang keras dan high irritant sampai yang aman kalau dipakai sesering mungkin. Seperti gambar dibawah ini :


Dan beberapa "bahan" pencerah lain yang lebih instan seperti foto dibawah :

hehe just kidding :p

Karena bahan-bahan pencerah memang banyak, jadi banyak juga cara mencerahkan kulit. Aku mau cerita-cerita sedikit tentang pengalaman aku dengan produk-produk pencerah kulit.

Hydroquinone
Dulu aku suka banget pakai krim yang mengandung Hydroquinone. Karena hasilnya oke banget! Kulit langsung kelihatan cerah. Noda hitam juga tersamarkan. Seperti pakai alas bedak deh hasilnya. Waktu itu masih nebeng pakai krim wajah punya kakak dan mama. Maklum masih remaja hehe taunya pakai aja. Terus aku berhenti dan coba-coba produk lain karena udah ngerti sendiri yang beginian. Ternyata Hydroquinone ini banyak efek sampingnya dan baru aman kalau dosisnya tepat. Sedangkan waktu itu di kemasan produknya gak tertera berapa persen kandungan Hydorquinone-nya (duh! >.<). Aku langsung stop.

Licorice & Niaciamide
Lalu cobalah produk-produk untuk remaja. Kandungannya sekitaran Licorice dan Niacinamide alias vitamin B3. Sudah ricek kandungan seperti ini memang aman dan kandungannya cukup lembut. Tapi ternyata kandungan ini gak begitu cocok untuk kulitku. Gak berdampak signifikan seperti kalau pakai Hydroquinone. Huhu.

Tretinoin
Dan akupun sempat coba pencerah wajah golongan sedang hingga keras yaitu Tretinoin. Aku suka banget sama kandungan ini karena mencegah dan menyembuhkan jerawat. Tapiiiiiii lagi-lagi karena banyak efek samping. Yah sudah gak berani macem-macem untuk wajah, aku berhenti pakai Tretinoin.

Tepung Beras
Dari situ aku mulai coba-coba produk yang lebih alami dan minim efek samping. Aku mulai coba-coba homemade DIY untuk cleanser-nya dan aku suka banget! Jerawatku berkurang karena pembersih wajah alami itu. Karena suka hasil bahan alami di wajahku aku juga coba masker dari tepung beras karena suka lihat di youtube banyak video-video tentang cara mencerahkan kulit dengan tepung beras. Dan memang ternyata bagus banget! Aku merasa wajahku lebih cerah dan jadi berkurang masalah kulitnya.

foto diatas hanya ilustrasi bukan produk yang sebenarnya

Tapi sayang aku gak serajin dan setelaten itu. Aku udah jarang pakai-pakai perawatan wajah DIY. Maunya yang praktis-praktis aja. Yang langsung pakai. Walaupun semenjak coba masker tepung beras itu, aku jadi addict sama segala kandungan yang berasal dari beras dan cari apapun yang ada kandungan berasnya hehe.

Karena kandungan beras yang memang bagus banget, makanya banyak orang yang suka juga sama kandungan ini. Ada yang pakai ricebran oil untuk makeup remover, air rebusan beras untuk steam wajah, air cucian beras sebagai toner, dll. Banyak juga produk skincare yang kandungannya beras ini seperti ekstrak galactomyces ataupun kojic acid dan rata-rata berasal dari Asia.

Tau kan produk-produk skincare yang berbahan dasar fermentasi beras ini rata-rata mahaaal banget. Hehehe. Untunglah sekarang negara tetangga kita, Fillipina mengeluarkan produk alami yang berbahan dasar Kojic Acid dari Kojiesan! Yeay.

Kenapa sih harus Kojic Acid?
Ini aku kutip informasi dari Blog Stephanie yang juga salah satu narasumber pada event Kojiesan beberapa waktu yang lalu :
"I do prefer using kojic acid as a lightening ingredient for my skin because of it gentleness. I know that each skin has different reactions to things, but kojic acid works slowly, but surely to lighten any dark spots I have. It is also considered safe as it is derived from plants."
Karena kandungan seperti kojic acid ini pertama kali ditemukan pada tahun 1990 di Jepang secara tidak sengaja pada proses fermentasi beras. Dalam perkembangannya, kandungan ini cocok untuk perawatan kecantikan kulit karena berkhasiat mencerahkan dan mengembalikan warna kulit. Walaupun sempat kalah sama hype-nya produk dengan bahan dasar Hydroquinone. Tapi tetep, yang natural memang lebih minim efek samping dibanding bahan kimia seperti Hydroquinone. Makanya bahan-bahan alami seperti Kojic Acid mulai naik daun lagi.

Hehe sabun Kojiesan ini bukan sabun abal-abal mungkin masih banyak yang sangsi buat nyoba karena baru denger merek ini di Indonesia. Padahal sabun Kojiesan di negara asalnya (fillipina) udah dapet penghargaan sebagai Best Brand Soap of The Year selama tiga tahun berturut-turut dari Watson Health Beauty and Wellness Award. Sabun Kojiesan juga adalah yang pertama dan satu-satunya yang mengeluarkan sabun berbahan dasar Kojic Acid dan 100% Virgin Coconut Oil di Indonesia.

Kalau kamu pernah main di forum-forum kecantikan wanita, pasti udah familiar sama brand ini. sabun Kojic Acid dari Kojiesan ini sudah populer banget dikalangan beauty junkie Indonesia. Walaupun saat itu belum masuk Indonesia. Banyak lho yang bela-belain pre order dari Fillipina karena memang banyak yang suka banget sama sabun Kojic Acid dari Kojiesan ini. Ini aku screenshot salah satu review yang ada di forum femaledaily. Lihat, udah dari tahun 2012 sabun ini eksis di kalangan beauty junkie Indonesia.. dan siapaaaaa yang gak ngiler kalo baca kayak gini coba, siapaaaa :') 

review credit for Bellafrance @ femaledaily

Sejujurnya banget udah dari lama juga aku pengen cobain sabun Kojic Acid dari Kojiesan. Aku inget banget ada temen yang jualan sabun ini juga di facebook dan suka bikin testimonial kalau suka banget sama sabun ini. Tapi memang harganya lumayan mihil karena harus import huhuhu. Apalagi secara kan sabun batang cepet abis yah. Cepat habis ditambah harganya mahal kan sama dengan lumayan. Lumayan bangkrut. :))

But lucky us karena sekarang udah gak perlu repot-repot pre order dan bayar lebih mahal dari harga aslinya karena produk-produk Kojic Acid dari Kojiesan sekarang udah resmi masuk Indonesia dengan distributor tunggal resmi PT. UICCP. Dengan varian yang lengkap banget juga dan harga yang terjangkau. Ini beberapa varian dan harganya :

Kojiesan Skin Lightening Soap 135 g : Rp 41,800
Kojiesan Skin Lightening Soap 65 g : Rp 20,800
----------------
Kojiesan Dream White Soap 135 g : Rp 44,000
Kojiesan Dream White Soap 65 g : Rp 22,900
----------------
Kojiesan Face Cream Skin Lightening 30 g : tba
Kojiesan Face Cream Dream White 30 g : tba
----------------
Kojiesan Hand Body Lotion Skin Lightening 100 ml : Rp 74,500
Kojiesan Hand Body Lotion Skin Lightening 200 ml : Rp 117,900


Yang pertama kali aku cobain sudah pasti produk paling legend dan best seller-nya dong. Skin Lightening Soap alias sabun oranye! Dari keterangan yang aku baca, sabun ini multifungsi karena bisa untuk wajah dan tubuh. Aman untuk wajah karena bahannya alami antara lain Pure Kojic Acid, Sweet Orange, Vegetable Exctract, plussss ada kandungan 100% Virgin Coconut Oil & Glycerin yang gak bikin kulit kering dan ketarik seperti sabun batang pada umumnya. Sabun oranye ini juga punya kandungan Vitamin C untuk membantu Kojic Acid dalam mencerahkan kulit.



Hmmm mari kita coba yah. First impression ketika coba Kojiesan Lightening Soap ini adalah wangi jeruk seger banget dan busanya banyak! Yippie.. Paling suka kalau mandi busanya banyak. Karena jadi terasa lebih lembut dan gak sakit kalau kena jaring-jaring.. maklum aku pakai sabun ini dengan menggunakan jaring-jaring untuk mandi. Jadi sabunnya aku usapkan di jaring-jaringnya kemudian kasih air. :). Aku lebih suka pakai menggunakan jaring-jaring soalnya sekaligus untuk eksfoliasi sel-sel kulit mati biar kinerja produknya maksimal. Setelah diratakan busanya, biasanya aku diemin beberapa menit. Gak ditulis sih kalau harus didemin, tapi di beberapa review yang berhasil pakai sabun ini mereka diemin sabunnya beberapa menit untuk bekerja dan meresap ke kulit jadi aku ikutin hehe.  Gak usah lama-lama cukup 2-3 menit aja.

Dan yang paling terasa sih sabun ini gak bikin kulitku kering banget karena ada beberapa orang yang me-review kalau Kojiesan Lightening Soap membuat kulit terasa sangat kering. Di aku alhamdulillah gak terasa kering banget. Kering, tapi kering sewajarnya habis mandi. Ada juga yang ngalamin kulit ketusuk-tusuk dan perih saat pakai sabun. Aku sendiri gak ngerasain kalau pakai di badan, tapi kalau di wajah agak perih. Mungkin karena kulit wajahku lebih sensitif dibanding badan. Tapi kalau kulitmu kering banget, bisa dilanjutkan dengan hand & body lotion dan face cream dari seri yang sama dari Kojiesan. Atau pakai seri Kojisan Dream White Soap yang lebih lembut karena ada kandungan kolagen didalamnya.

Satu kekurangannya adalah sabun ini cepet lumer kalau terkena basah. Jadi setelah selesai pakai harus segera ditiriskan dan ditaruh ditempat yang kering dan sejuk (agar sabunnya gak lembab terus dan lumer). Ada juga yang suka sabunnya dipotong-potong biar lebih hemat. Aku kebetulan gak dipotong-potong, cuma ditaruh ditempat yang tiris aja. Tapi aku pernah baca dimana gitu kalau gak salah teksturnya yang lunak dan mudah dipotong ini menandakan adanya kandungan Virgin Coconut Oil yang dominan didalam sabun ini. :) Dibanding sabun batang lain yang umumnya susah dipotong. Correct me if I'm wrong yah..

Ini foto sebelum dan sesudah pemakaian. Foto sesudah aku ambil barusan banget sebelum postingan ini di publish. Kira-kira sudah 2 minggu lebih beberapa hari pemakaian. Fotonya diambil di ruangan yang berbeda.. tapi aku pastikan keduanya dapet pencahayaan yang kurang lebih sama. Aku ambil diruangan yang berbeda soalnya foto sebelum diambil pas ada cahaya matahari jadi foto diruang tamu juga cukup terang sedangkan foto sesudah harus ambil di teras karena lagi hujan jadi gelap kalau foto di ruang tamu. Fotonya juga gak pakai filter sama sekali. Di foto memang gak kelihatan drastis perubahannya. Awalnya akupun gak terlalu sadar kalau ada didalam ruangan. Tapi baru ngerasa pas lagi diluar rumah yang dapet cahaya cukup terang kalau kulitku lebih cerah. Dan pernah juga ngebandingin warna kulit tanganku dengan warna kulit keponakan, sekarang lebih cerah kulitku hehe :p. Dan memang seperti yang ditulis Stephanie di blognya kalau bahan alami memang kerjanya lambat tapi pasti. Yang penting kulitku jadi gak sekusam sebelum pemakaian :). Walaupun belang karena jam tangan belum hilang sih hehe. Aku juga heran itu kayaknya gak akan pernah bisa hilang walau pakai apapun :').


Agnes Oryza, beauty blogger juga pernah review soal sabun Kojiesan ini lho dan kasih foto sebelum dan sesudah pemakaian juga di blog-nya. Dia juga sempet sharing pengalamannya ini secara langsung di event blogger gathering bersama Kojiesan.

Oh iya untuk dapet hasil yang nyata dan maksimal, yakinin kalau produk yang kamu pakai itu asli yah dan hati-hati produk tiruan karena di fillipina Kojie San ini banyak tiruannya. Aku belum tau sih kalau di Indonesia ada tiruannya atau enggak. Jadi untuk lebih yakin belinya di toko-toko resmi seperti :
Hero
Superindo
Giant Extra
Dan-Dan
Grand Swalayan
Naga, Guardian
Alfa Midi
Diamond
Ranch Market
Farmers Market
Lotte Mart

Walau banyak tiruannya, Kojie San punya jawaban yang cool banget nih soal produk tiruan ini yang aku lihat di website resmi Kojie San fillipina :

bener banget! :D

Sekarang, setelah warna kulitku gak kusam lagi berkat kandungan Kojic Acid dari Kojiesan ini, aku jadi bisa bersinar lebih terang karena lebih pede dan makin semangat mencapai cita-citaku. One of my biggest and long time dream is owning a stationary shop! Karena aku sukaaaa banget sama alat-alat tulis atau pernak-pernik yang lucu-lucu. They sold me most of the time :'). Tapi ini memang rencana dan cita-cita jangka panjang yang masih jauuuuh banget pencapaiannya. Karena harus kumpulin modal, belajar marketing yang baik, dll. Makanya sekarang aku sering bertemu orang-orang penting yang akan sedikit demi sedikit bantu untuk beri jalan wujudkan cita-cita aku itu. Dan ketika aku tau kalau pakaianku rapi dan penampilanku terawat, aku jadi lebih pede dan percaya gak percaya nambah kelancaran dalam berkomunikasi lho. Lawan bicara pun jadi lebih respek karena aku percaya diri.

Admiring this product from now on. Thank you~

pengennya punya kojiesan sebanyak ini.. sayang ini cuma editan di photoshop hehehehe

Jadi, sekarang aku udah berani mengambil langkah untuk mengasah diriku agar besinar. Kamu sendiri berani? Yuk kita sama-sama bersinar. Coba produk Kojiesan dan tulis juga pengalaman bersinar kamu. Siapa tau kamu beruntung untuk dapetin hadiah-hadiah keren! Info lengkap klik banner dibawah ini ya ^^.






Sumber Informasi :

Sumber Gambar :